Templates by BIGtheme NET

Home / Babel / Potensi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Butuh Pengembangan
Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah

Potensi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Butuh Pengembangan

30 September 2015 | 11:01:37pm
Share Button

Sungailiat (koranbabel.com) — Kabupaten Bangka yang dikelilingi pesisir pantai dan mempunyai pulau-pulau kecil memang mempunyai potensi yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat sesuai dengan acuan visi misi Bangka Bermartabat yakni pertanian yang tangguh dan pengelolaan sumberdaya alam yang lestari dan berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah ketika memberikan sambutan pada kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka tentang ekspose laporan akhir kegiatan inventarisasi potensi pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Bangka, Rabu (30/9) di ruang pertemuan Parai Beach Resort, Sungailiat.

“Kajian ilmiah yang dilakukan konsultan PT Inasa Sakha Kirana, Bandung ini dapat diterjamahkan dengan baik dan bisa menjadi dasar untuk mengambil kebijakan di sektor bahari,” ungkap Rustamsyah.

Dikatakannya, potensi pesisir dan pulau-pulau kecil tersebut memang harus dimanfaatkan secara optimal dan Pemda harus menjadi dalang dalam mengembangkan pariwisata dan sektor bahari. Namun, kendala yang dihadapi adalah memang secara geografis wilayah tersebut masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bangka namun perizinannya bukan dikeluarkan oleh Pemkab Bangka sehingga dalam pengelolaannya menjadi terhambat.

“Seperti halnya pulau putri yang menjadi wilayah Kabupaten Bangka namun izin pengelolaan baharinya punya BUMN,” jelas Rustamsyah.

Dengan kajian tersebut, Wabup Bangka juga mengharapkan dapat menjadi bahan untuk dikembangkan sehingga kebijakan yang diambil pemerintah pusat dan pemerintah provinsi bisa dieleminir kelemahan-kelemahannya.

“Hasil dari kajian ini juga diharapkan dapat memberikan konstribusi yang positif dalam melaksanakan visi misi Bangka Bermartabat sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harap Rustamsyah.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan paparan tentang potensi pesisir dan pulau-pulau kecil oleh pembicara Yudhi Rismayadi dari PT Inasa Sakha Kirana, Bandung yang menyampaikan tentang potensi yang ada di Kecamatan Mendobarat, Belinyu, Riausilip, Merawang, dan Sungailiat dengan potensi terumbu karang, mangrove, padang lamun, ikan dan biota laut, jasa wisata, perhubungan dan kepelabuhanan. (tom)

Comments

comments

About willy1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*