Templates by BIGtheme NET

Home / Babel / Koba Gagal Raih Adipura
Kepala BLH Bangka Tengah, Ali Imron.

Koba Gagal Raih Adipura

16 August 2016 | 11:53:43pm
Share Button

Ada kriteria tambahan, salah satunya penilaian mitigasi bencana, dari tambang, dari banjir.

KOBA (koranbabel.com) — Kota Koba, Bangka Tengah dipastikan gagal meraih Adipura tahun 2016. Adanya kriteria baru dalam penilaian menjadi penyebab, gagalnya kota ini merebut predikat kota kecil terbersih versi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Pemkab Bangka Tengah optimis tahun 2017 akan kembali mendapatkan Adipura.

Penilaian tambahan dengan kriteria mitigasi bencana, tidak terkawal oleh pemerintah kabupaten Bangka Tengah, padahal nilai untuk tahun ini sudah cukup baik, yakni 74 poin.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Ali Imron mengungkapkan hal tersebut kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Tahun ini Koba dipastikan tidak dapat Adipura,” ungkap Ali.

Dikatakan Ali, pihaknya sudah berupaya seoptimal mungkin agar kota Koba bisa meraih Adipura untuk kategori kota kecil. Tahun 2017, Ali tetap optimis kota Koba bisa kembali meraih Adipura dengan mempersiapkan dan membenahi unsur pada penilaian mitigasi bencana.

“Penyebab tidak dapat, banyak hal, banyak faktor yang mempengaruhi. Ada kriteria tambahan, salah satunya penilaian mitigasi bencana, dari tambang, dari banjir,” ungkap Ali beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Sementara, untuk penilaian Adipura tahun 2017, tahap satu akan dilakukan bulan Oktober dan November 2016 dan bulan April sampai Mei 2017 untuk tahap dua.

Tahun 2012, untuk provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya kota Pangkalpinang yang meraih Adipura, sementara Koba berada di posisi terendah se Babel dengan nilai 52,63. 2013 dan 2014, Koba berhasil meraih sertifikat Adipura. Di tahun itu, Koba mendapat nilai 73,70 diatas kota Sungailiat yang hanya meraih nilai 72,62.

Masyarakat diminta untuk bersama-sama menjaga kebersihan, salah satunya membuang sampah pada tempatnya. Pihaknya juga akan menggiatkan pengolahan sampah tepat guna. (mr)

Comments

comments

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*