Templates by BIGtheme NET

Home / Babel / Cabup Berstatus Tersangka Boleh Ikut Pilkada

Cabup Berstatus Tersangka Boleh Ikut Pilkada

3 July 2017 | 08:29:40pm
Share Button

SUNGAILIAT (KORANBABEL.COM) — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan seorang bakal calon Bupati yang berstatus tersangka diperbolehkan ikut bertanding dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Siapapun boleh menyosialisasikan diri menjadi pasangan calon Bupati atau Calon Wakil Bupati mengingat tahapan Pilkada Cabup di daerah ini belum dimulai,”ujar Ketua KPU Kabupaten Bangka, Zulkarnain, Senin (3/7) di Sungailiat.

Dijelaskannya, berdasarkan peraturan KPU disebutkan tidak ada kalimat status tersangka yang disandang bakal calon tidak boleh mengikuti Pilkada sebagai bakal calon Bupati atau Wakil Bupati.

“Sesuai aturan, status tersangka itu tidak pernah disebutkan dalam peraturan KPU terkait bakal calon yang berstatus tersangka,”katanya.

Menurut dia, selama bakal calon tersebut tidak menyandang status terpidana serta vonis hukumannya dinyatakan Inkrah oleh Pengadilan, bakal calon tersebut boleh maju dalam Pilkada disuatu daerah,.

“Bakal calon itu statusnya tersangka bukan kita yang memutuskan, tapi Pengadilan dan selama itu belum inkrah, dia boleh ikut tahapan Pilkada dengan mengikuti syarat syarat yang dikeluarkan KPU,”katanya.

Disinggung terkait status tersangka salah satu bakal calon Bupati Bangka,Kemas Danial oleh Kajati Babel,kata Zulkarnain status tersangka yang disandang bakal calon tersebut tidak akan menggugurkan persyaratan sebagai calon Bupati.

“Berdasarkan peraturan KPU, ketika persyaratan sudah terpenuhi dan sudah lolos dinyatakan sebagai calon maka orang itu berhak bertarung dalam pemilihan nantinya,”katanya.
Ditambahkannya, jika bakal calon Bupati yang berstatus tersangka memenangkan Pilkada dan oleh Pengadilan memvonis bersalah maka pasangannya yang akan menggantikannya sebagai Kepala Daerah terpilih.

“Seperti di Sulawesi, dia menang tapi ada keputusan Pengadilan yang menyatakan bersalah dan akhirnya wakilnya yang naik,”katanya.(boy)

Comments

comments

About willy1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*