Templates by BIGtheme NET

Home / Babel / 99 Persen Aliran Listrik di Beltim Sudah Pulih

99 Persen Aliran Listrik di Beltim Sudah Pulih

20 July 2017 | 09:53:22pm
Share Button

TANJUNGPANDAN (KORANBABEL.COM) — Manager PLN Area Belitung, Ardian Egusfi mengatakan pada hari kelima pasca banjir pihaknya berhasil memulihkan 99 persen pasokan listrik di Belitung Timur.

“Hingga hari ini, PLN berhasil pulihkan 594 gardu dari 597 unit gardu yang diamankan sebelumnya. Jadi saat ini masih tiga gardu yang belum dipulihkan,”  ungkap Ardian, Kamis (20/7/2017).

Ardian mengatakan, kondisi kelistrikan di Belitung Timur berangsur pulih, dimana saat ini sebanyak 28.000 lebih pelanggan sudah menyala dengan beban sebesar 7,8 MW pada siang dan 9,4 pada malam hari.

“Masih ada sekitar 500 pelanggan lagi yang belum menyala. Sebelumnya di hari pertama pasca banjir, dalam kondisi jembatan yang terputus, PLN tetap berusaha memulihkan kondisi kelistrikan secara bertahap. Sebesar 35 persen listrik dapat dipulihkan dengan menyalakan 182 trafo dan 6.685 pelanggan dengan beban sebesar 1,6 MW,” terang Ardian.

Ardian mengatakan, dalam operasi penormalan listrik ini PLN menerjunkan 41 personel perbaikan yang terbagi dalam tiga tim.

Dikatakannya, sesuai dengan SOP PLN akan mengecek terlebih dahulu kondisi gardu, apakah aman bila dialiri listrik. Jika dari hasil pengecekan diperoleh data bahwa gardu tersebut dipastikan sudah aman, maka PLN dapat segera memberikan tegangan pada gardu-gardu dan penyulang-punyulang yang sebelumnya dipadamkan akibat terendam banjir.

“Personel kami bekerja 24 jam, mengecek keamanan warga apabila sudah aman listrik akan dinyalakan. Kendala yang dihadapi adalah belum adanya akses jalan menuju lokasi. Namun, kami mengupayakan agar anggota menggunakan perahu dan jalan kaki menuju lokasi di Membalong tersebut,” tutur Ardian.

Ardian menambahkan kondisi pasokan daya listrik sudah terpenuhi, namun yang belum memenuhi adalah aspek keamanannya. Karena pada prinsipnya PLN mengutamakan keselamatan warga dan petugas.

“Kami akan menyalakan listrik jika dipastikan kondisi benar-benar sudah aman. Kami usahakan hari ini listrik sudah menyala 100 persen, namun tergantung kondisi daerah yang masih padam sudah kering atau belum,” tukas Ardian.(dag)

Comments

comments

About willy1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*