Templates by BIGtheme NET

Home / Babel / Sampah Antariksa Jatuh di Maninjau

Sampah Antariksa Jatuh di Maninjau

20 July 2017 | 11:34:59am
Share Button

JAKARTA (KORANBABEL.COM) — Sebuah benda misterius jatuh dari langit di Maninjau, Agam, Sumatera Barat dan membuat heboh warga sekitar.
Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) benda itu bagian dari roket dan merupakan sampah antariksa.

“Tanggal 18 Juli saya dapat laporan. Kemudian saya memeriksa data sampah antariksa. Memang pada waktu itu ada sampah antariksa yang melintasi Agam,” ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin kepada media, Kamis (20/7/2017).

Dijelaskan Thomas benda tersebut adalah bagian dari roket milik Tiongkok dengan nomor CZ-3A. Roket itu digunakan untuk meluncurkan satelit navigasi Beidoi M1 pada 13 April 2007 lalu. Bagian yan g jatuh tersebut dipekirakan tangki bahan bakar.

“Ketinggian awalnya, ini orbitnya elips. Ketinggiannya mencapai 22 ribu kilometer dan orbit terendahnya 200 kilometr. Karena hambatan atmosfer selama orbitnya tersebut, makin lama orbitnya makin rendah. Saat memasuki atmosfer dari ketinggian 120 kilometer, objek tidak bisa melanjutkan orbit dan jatuh,” jelas Thomas.

Thomas memperkirakan bentuk awal benda tersebut dari pemantulan radar sebelum jatuh, diameternya tiga meter, kemudian ketinggian lima meter. Saat memasuki atmosfer ketinggian 100 kilometer hancur berkeping-keping. Sewaktu jatuh itu diperkirakan berat benda sekitar 7 kilogram.(bbs/dtk/*)

Comments

comments

About willy1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*